ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA SIKAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi empiris pada Warung Makan “ Warung Cowek Ireng ” Jl. Arteri Soekarno Hatta Semarang)

ANALYSIS OF EFFECT OF QUALITY PRODUCTS AND QUALITY SERVICES TO CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALTY CONSUMER ATTITUDE (Empirical studies on Stalls "Stalls Cowek Ireng" Jl. Artery Soekarno Hatta Semarang)

Penulis : dita purwardani

Q-MAN Vol. 2 No. 6 | Halaman 17-32


Abstrak

ABSTRAKSI : Penelitian ini mengambil objek penelitian pada kedai kopi “Warung Cowek Ireng” Jl.Arteri Soekarno Hatta Semarang. Alasan pemilihan objek penelitian tersebut di dasarkan karena adanya penurunan penjualan di tahun 2012 yaitu pada bulan januari sampai bulan november di warung makan“ Warung Cowek Ireng “. Salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut  dilakukan dengan menganalisis tentang pengaruh kualitas produk dan pelayanan tyerhadap kepuasan konsumen serta sikap loyalitas konsumen di warung makan “ Warung Cowek Ireng ”.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Warung Cowek Ireng sebanyak 146.663 konsumen. Sedangkan sampel yang di gunakan adalah sebanyak 100 responden, dimana  metode pengambilan sampelnya menggunakan teknik  purposive sampling yaitu pemilihan sampel dari suatu populasi berdasarkan kriteria – kriteria (pertimbangan) yaitu responden yang berusia minimal 17 tahun dan telah berkunjung ke Warung Cowek Ireng sebanyak 2 kali. Penelitian ini menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian di peroleh secara persial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan kepuasan terhadap loyalitas.

Abstract

ABSTRACT: This study took the object of research at the coffee shop "point Cowek Ireng" Soekarno Hatta Jl.Arteri Semarang. The reason for the selection of the research object in base due to a decrease in sales in the year 2012 ie in the month of January until the month of november in food stall "Warung Cowek Ireng". One way to solve this problem by analyzing the effect on the quality of products and services tyerhadap customer satisfaction and loyalty attitude at the food stall "Warung Cowek Ireng".

The population in this study is the consumer point Cowek Ireng as 146,663 consumers. While the sample used was 100 respondents, of which the sample collection method using purposive sampling technique, the choice of a sample from a population based criteria - criteria (considerations) that respondents aged 17 years and have been to point Cowek Ireng 2 times. This study uses Multiple Linear Regression analysis tool.

The results obtained in Persia there is a positive and significant correlation between product quality and service quality on satisfaction and satisfaction to loyalty.

keywords : product quality, service quality, customer satisfaction, loyalty customer

Diposting tanggal 20 Maret 2013

Download Artikel