ANALISIS PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI KOTA SEMARANG

Analysis of advertisement tax acceptance in Semarang City

Penulis : Nirsetyo Wahdi , Saifudin , Ratna Wijayanti

DINAMIKA SOSIAL BUDAYA ISSN 1410-9859 Vol. 17 No. 1 | Halaman 1-10


Abstrak

Pembangunan nasional merupakan rangkaian upaya pembangunan berkelanjutan yang mencakup seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Mempercepat pembangunan ekonomi daerah yang efektif dan kuat untuk memberdayakan pelaku dan potensi ekonomi daerah, dan berkaitan dengan penataan ruang fisik dan sosial yang mengakibatkan distribusi pertumbuhan ekonomi seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah.
Penelitian ini menggunakan metode untuk menentukan pengaruh variabel independen (variabel independen) terhadap variabel dependen (variabel dependen), penelitian ini digunakan beberapa model regresi linear (Multiple Linear Metode Regresi) dengan metode kuadrat atau Least Square Biasa ( OLS). Metode ini diyakini memiliki sifat ideal dan dapat diunggulkan, yang secara teknis sangat kuat, mudah dalam perhitungan dan interpretasi penarikan (Gujarati, 1999).
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Jumlah Penduduk dampak positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak reklame.
2) Industri Jumlah dampak positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak reklame, 3) Jumlah PDB per kapita (GDP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak reklame.

Abstract

National Development is a series of sustainable development efforts covering the entire life of the community, the nation, and the state. Accelerate regional economic development effective and robust to empower actors and the economic potential of the region, and with regard to the arrangement of the physical and social space resulting distribution of economic growth in line with the implementation of regional autonomy.
This research using method to determine the influence of the independent variables (independent variables) on the dependent variable (the dependent variable), this study used multiple linear regression model (Multiple Linear Regression Method) by the least squares method or the Ordinary Least Square (OLS). This method is believed to have ideal properties and can be seeded, which is technically very strong, easily in the calculation and interpretation of withdrawal (Gujarati,1999).
The results of this study are: 1) Total Population positive and significant impact on the acceptance of advertisement tax.
2) Total Industry positive and significant impact on the acceptance of advertisement tax, 3) Total GDP per capita (GDP) positive and significant impact on the acceptance of advertisement tax.

keywords : Advertisement tax,total population,total industry,total GDP

Diposting tanggal 13 Desember 2016

Download Artikel