FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA

Factors Affecting underpricing initial public offering on the Indonesia Stock Exchange

Penulis : Nandariko Shendy Adhe Putra , Yuli Budiati, SE.,MSi

Dinamika Manajemen Vol. 1 No. 5 | Halaman 78-92


Abstrak

Transaksi penawaran umum penjualan saham pertama kalinya terjadi di pasar perdana. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka penawaran umum penjualan saham perdana disebut dengan IPO (Initial Public Offering). Pada saat penawaran saham perdana tersebut maka saham akan mengalami underpricing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh reputasi underwriter, umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan ROA terhadap underpicing.

Populasi yang dipergunakan adalah perusahaan-perusahaan yang listing di BEI dengan mengambil sampel perusahaan yang go public tahun 2007-2010, sedangkan sampelnya adalah perusahaan IPO yang mengalami underpricing sebanyak 65 perusahaan, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah dokumentasi. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F.

Hasil dari penelitian ini adalah reputasi underwriter berpengaruh terhadap underpricing. Umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing saham. Kondisi ini terjadi ketidakpastian nilai perusahaan di masa datang membuat investor ragu-ragu untuk menginvestasikan uangnya di saham emiten. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing. Kondisi ini terjadi karena ketidakpastian nilai perusahaan di masa datang membuat investor ragu-ragu untuk menginvestasikan uangnya di saham emiten. ROA berpengaruh terhadap Underpricing.

Abstract

Public offering of stock sale transaction the first time occurred in the primary market. Activities undertaken within the framework of a public offering IPO sales called IPO (Initial Public Offering). At the time of the IPO underpricing the stock will experience. The purpose of this research is to analyze the influence of underwriter reputation, company age, company size and ROA of underpicing.

Population used is the companies listing on the Stock Exchange by taking a sample of firms that go public in 2007-2010, while the sample is an experienced company IPO underpricing as many as 65 companies, with a sampling purposive sampling technique. Type of data used are secondary data. Data collection method used is the documentation. Analysis tool used is multiple linear regression using the t test and F test

The results of this study is the underwriter reputation effect on underpricing. Age does not affect the company's stock underpricing. This condition occurs uncertainties in the future value of the company made investors hesitant to invest money in shares of the issuer. Firm size had no effect on underpricing. This condition occurs because of the uncertainty of the future value of the firm make investors hesitant to invest money in shares of the issuer. When investors read the prospectus, to analyze the scale of the company or total assets and total assets rate that can be used to supplement their income and the issuer is able to cover its obligations, the risk of uncertainty in the future can not be predicted. ROA effect on underpricing.

keywords : Underwriter Reputation, Age Company, Company Size, ROA, and the underpricing

Diposting tanggal 11 Oktober 2012

Download Artikel