PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2010

THE INFLUENCE FUNDAMENTALS FACTOR TO SHARE PRICE OF FOOD AND BEVERAGE COMPANIES IN INDONESIAN STOCK EXCHANGE 2008-2010

Penulis : Intan Tadzkhirotul Maftukhah , Dr.Drs.Paulus Wardoyo,MM

Dinamika Manajemen Vol. 1 No. 1 | Halaman 78-92


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh Growth Sales, Gross Profit Margin, Debt Equity Ratio terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia. Secara spesifik penelitian ini menguji tentang bagaimana sesungguhnya pengaruh variabel variabel pertumbuhan penjualan (Growth Sales), Debt Equity Ratio (DER) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap harga saham pada perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan 18 Food and Beverage di BEI tahun 2008-2010, dengan sampel sebanyak 16 perusahaan, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini adalah : pengujian secara parsial dengan uji t, variabel pertumbuhan penjualan dan Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh dan signifikan terhadap Debt Equity Ratio (DER). Variabel pertumbuhan penjualan dan Gross Profit Margin (GPM)  tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham. sedangkan variabel Debt Equity Ratio (DER) berpengaruh dan terhadap harga saham. Pengujian secara simultan dengan uji F, variabel pertumbuhan penjualan dan Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh dan signifikan terhadap Debt Equity Ratio (DER), Sedangkan variabel pertumbuhan penjualan (Growth Sales), Debt Equity Ratio (DER) dan Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham.

Abstract

The objective of this research is to examine and analysis the influence Growth Sales, Gross Profit Margin, Debt Equity Ratio to share price in Indonesian Stock Exchange. This research spesiffically to examine about how actually the influence variable Growth Sales, Debt Equity Ratio and Gross Profit Margin to share price of Food and Beverage companies in Indonesian Stock Exchange.

Population are 18 Food and Beverage companies in Indonesian Stock Exchange 2008-2010, only 16 companies are selected. The tecnical intake of sample by using purposive sampling.  The analysis instrument is multiple linear regression.

The result this research is testing partically with t-test, variable Growth Sales and Gross Profit Margin (GPM) influence and significant to Debt Equity Ratio (DER). Variable Growth Sales and Gross Profit Margin (GPM) not influence and not significant on to share price.  Whereas variable Debt Equity Ratio (DER) influence and significant on to share price. Testing simultaneously with F-test, variable Growth Sales and Gross Profit Margin (GPM) influence and significant oto Debt Equity Ratio (DER), whereas Growth Sales, Gross Profit Margin (GPM) and Debt Equity Ratio (DER) influence and significant on to share price.

keywords : Pertumbuhan Penjualan, Gross Profit Margin, Debt Equity Ratio, Harga Saham.

Diposting tanggal 06 Agustus 2012

Download Artikel