ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Kasus Pada Perusahaan Food dan Beverage di Bursa Efek Indonesia Periode 2005 - 2010)

ANALYSIS OF FACTORS - FACTORS AFFECTING THE VALUE OF THE COMPANY TO GO PUBLIC LISTED COMPANIES IN JAKARTA STOCK EXCHANGE (Case Studies in Food and Beverage Company in Indonesia Stock Exchange Period 2005 to 2010)

Penulis : Roekanah , Dr.Drs.Paulus Wardoyo,MM

Dinamika Manajemen Vol. 1 No. 1 | Halaman 39-52


Abstrak

Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran para pemegang saham, hal ini dapat di capai dengan  memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan sendiri dapat diukur melelui berbagai macam cara yang salah satunya adalah kapitalisasi pasar. Tetapi kadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaan. Yang mana salah satu penyebabnya adalah kurang cermatnya perusahaan menjadi suatu strategi bagi perusahaan, hal ini akan membuat kinerja perusahaan di pandang buruk oleh para stakeholdersnya. Hal ini telah menimbulkan penelitian lanjutan untuk membahas faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh parsial maupun secara simultan variabel Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan. Jenis data yang digunakan di peroleh dari ICMD. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 perusahaan yang bergerak di bidang Food&Beverage, yang diambil melalui purposive sampling. Teknik yang digunakan adlah regresi linier berganda, penujian asumsi klasik dilakukan untuk memastikan bahwa hasil analisis regresi layak untuk diinterprestasikan.

Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa hanya variable Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan sedangkan variable-variabel lain Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh Positif terhadap Nilai Perusahaan.

Abstract

The company's main goal is to maximize shareholder wealth, this can be achieved by maximizing the value of the company. Value of the company itself can be measured melelui various ways, one of which is market capitalization. But sometimes companies fail to enhance shareholder value. Which is one reason the company is less NEATLY into a strategy for the company, this will make the poor performance of the company in view of the stakeholdersnya. This has led to further research to discuss what are the factors that influence the value of the Company.

The purpose of this study was to analyze the simultaneous effect of partial and variable Company Size, Liquidity, Profitability, Managerial Ownership on Corporate Value. Type of data used was obtained from ICMD. Samples used in this study were 6 companies engaged in the Food & Beverage, which is taken through purposive sampling. The technique used is someone multiple linear regression, penujian classical assumptions made to ensure that the results of regression analysis appropriate to be interpreted.

The results of these studies show that the only variable Company Size, Liquidity and Profitability positive effect on company value, while other variables did not influence Positive Managerial Ownership on Corporate Value.

keywords : Value of Companies, Company Size, Liquidity, Profitability and Managerial Ownership.

Diposting tanggal 31 Juli 2012

Download Artikel